Langsung ke konten utama

Modal Bisnis Usaha Kelontong Cuma 3.7 juta. Begini Metode & Rinciannya!!!

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikitnya pengalaman pribadi, sebelum saya sukses mengembangkan usaha kelontong milik saya yang dulunya kecil-kecilan sekarang alhamdulillah sudah jauh berkembang dan lebih maju dari sebelumnya.

Banyak orang berpikir untuk sukses berbisnis kelontong harus dengan modal yang besar, padahal dengan modal yang kecil pun masih bisa untuk membuka warung kelontong mini. Sebuah pepatah mengatakan “Selama ada kemauan pasti akan ada jalannya.”

Untuk usaha kelontong mini, kamu cuma perlu mengeluarkan modal dasar sekitar 3,7juta selebihnya hanyalah tekad serta ikhtiar yang cukup. Karena sebenarnya dengan modal yang kecil pun kita masih bisa memaksimalkan keuntungan penjualan yang tidak jauh berbeda dengan penghasilan warung kelontong yang modalnya sampai puluhan juta.

Lho, kok bisa ya? Rahasia kunci untuk sukses berjualan warung kelontong mini adalah fokus pada produk utama yang perputarannya cepat dan keutungan produk juga menjanjikan. Contohnya seperti rokok, pulsa, BBM, dan air mineral. Kategori produk tersebut adalah pilar utama yang menjadi profit maker atau pencetak keuntungan penjualan pada usaha kelontong.

Keuntungan dari jualan rokok tergolong kecil, tapi perputarannya sangat cepat sehingga akan ada keuntungan yang cukup juga.

Untuk jualan pulsa, keutungannya didapat sekitar Rp1.500 per transaksi, sama dengan keutungan jualan BBM dan air mineral keutungannya juga berkisar Rp1.500.

Barang lain yang tingkat permintaannya juga tinggi adalah mie instan dan gula, sedangkan barang-barang selainnya adalah sebagai pelengkap saja. Produk-produk pelengkap ini bisa terus ditambah sesuai keperluan agan jika sudah ada keuntungan lebih.

Pendapatan rata-rata usaha kelotong mini setiap harinya (versi pengalaman saya pribadi) yaitu antara Rp70.000 sampai dengan Rp150.000/hari.

 Adapun rincian jenis produk maupun inventaris yang bisa didapat dengan modal kurang lebih 3.7Juta adalah sebagai berikut:

Invetaris & barang
Perkiraan Biaya
Kios Mini
Rp1.000.000
Hp pulsa
Rp150.000
Isi saldo
Rp200.000
Rak rokok
Rp250.000
Rokok
Rp800.000
Jerigen BBM 35 liter
Rp40.000
jerigen BBM 60 Liter
Rp100.000
Sukatan dan Tunggingan BBM
Rp70.000
Pertalite 30 L
Rp225.000
Aneka Kerupuk
Rp100.000
Aneka Permen
Rp50.000
Amplop
Rp5.000
Aqua botol sedang
Rp45.000
Aqua botol besar
Rp50.000
Mancis
Rp45.000
Gula 6 kg
Rp75.000
Aneka mie instan
Rp160.000
Obat nyamuk 1 lusin
Rp36.000
Aneka sabun mandi dan sabun cuci
Rp80.000
Timbangan 10 kg
Rp120.000
Aneka kelengkapan lain
Rp124.000
TOTAL
Rp3.725.000

Kios mini yang dimaksud adalah srengkaian bangunan persegi dari kayu dengan ukuran 2.5 meter x 2 meter. Untuk pembuatannya agan bisa meminta jasa tukang ditempat agan berada.

Kunci lain agar bisnis kelontongnya lancar, yaitu menyusun tata letak barang-barang dengan rapi dan tampak bersih selalu. Selain itu juga harus ada sedikit promosi atau iklan sederhana, seperti nama toko yang di print di spanduk, dan keterangan bahwa warung anda juga melayani isi pulsa dan sebagainya. Cari juga tempat atau lokasi yang strategis untuk berjualan.

Selain itu jika agan masih punya sedikit modal lebih dari yang diperkirakan di atas, agan bisa mencoba membuka layanan pembayaran tagihan listrik PLN. Jangan takut, karena biaya dan caranya tidaklah ribet.

Keuntungan yang didapat dari pembayaran tagihan listrik sekitar Rp2.500 per transaksi. Lumanyan, bukan? Buat tambahan..

Cara mendaftar menjadi agen PLN prabayar dan pasca bayar, ada beberapa cara. Bisa mendaftar di BANK, syaratnya adalah photo copy ktp, surat keterangan usaha dari kepala desa, dan jumlah deposito minimal Rp2juta di BANK tersebut, jika persyaratan memadai baru bisa melakukan pengajuannya. Ahhh... Cape juga ya? Biayanya pun lumanyan banyak. :D

Kita sekarang  ceritanya kan lagi ngebahas tentang usaha kelontong dengan modal kecil, he he he. Jangan takut gan,,, sekarang ada banyak perusahaan yang memberikan kesempatan menjadi agen resmi hanya dengan mendaftar secara online.

Salah satunya Bebasbayar(dot)com, saat pertama saya ikutan menjadi agen saya mencoba mendaftar melalui bebasbayar karena cara mendaftarnya sangat mudah, sampai sekarang Bebasbayar masih menjadi andalah saya.

Tidak perlu modal jutaan, daftar di bebasbayar tidak dikenakan biaya. Kita bisa langsung daftar dan mengisi saldo minimal 10.000 atau lebih. Wah, murah banget ya?? Saldo yang ditambah tidak akan dipotong tapi tersimpan di saldo dan menjadi milik anda sepenuhnya.
Menjadi agen di bebasbayar(dot)com sangat menjanjikan, selain bisa membayar tagihan Listrik juga bisa bayar tagihan PDAM, Pesan Tiket Pesawat dan Kereta Api, Tranfers Uang ke BANK dan antar agen, serta fasilitas online lainnya.

Yang lebih mantapnya lagi, di Bebasbayar(dot)com agan tidak harus punya laptop maupun printer, karena apabila agan belum punya PC masih bisa juga menggunakan HP smartphone. Tinggal unduh aplikasi Bebasbayar maupun dengan langsung mengakses melalui  situs website resmi.

Untuk print struk pembelian oleh konsumen jangan khawatir, mesin printer mini bisa dipesan di bebasbayar harganya sekitar Rp.400.000.

Jika agan ingin tau lebih lanjut atau ingin menjadi agen Bebasbayar, jangan ragu-ragu klik aja di sini ya http://bebasbayar.com/?b=a7ff0d54 .

Semoga sukses. J

Komentar